Kamis, 21 Oktober 2010

SUDAHKAH MENJADI ISTRI SHOLEHA???


Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhuma meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
الدُّنْيَا مَتاَعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
“Sesungguh dunia itu adl perhiasan2 dan sebaik-baik perhiasan dunia adl wanita shalihah.”

 sungguh indah mendengarnya, membuat para wanita tersanjung, senang, bahagia, tapi tak sedikit di antara mereka merasa malu,sedih,bahkan menangis. karena didalam hati kecilnya bertanya-tanya:" apakah aq termasuk perhiasan dunia itu???".istri sholeha,,sebuah predikat termulya.. bagi seorang wanita di mata Allah sebagai hambanya,...sebagai penyejuk hati setiap saat buat suaminya,, dan sebagai seorang ibu yang baik buat putra putrinya. 


sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar ibnul Khaththab radhiallahu ‘anhu:
أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهَ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهَ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهَ
“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki yaitu istri shalihah yg bila dipandang akan menyenangkannya bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.




Tanpa dunia sadar,banyak wanita berpikir, apakah sudah bisa di sebut wanita sholehah apabila wanita setiap harinya ada di rumah?berbaju muslimah dan berjilbab untuk menutup auratnya?,beribadah dengan baik,akhlaqnya baik, mendidik dan merawat anak-anaknya sendiri dengan sabar, menyambut kedatangan suami dengan senyuman, istri yang ngga' pernah marah melaksanakan pekerjaan rumah,  istri yang selalu nurut dengan suami??entahlah...karena banyak sekali kriteria yang di berikan kepada wanita untuk menjadi wanita sholeha. Diantaranya ada yang mengatakan :

@ Istri yang sholeha adalah istri yang taat ibadahnya.( begitu juga suami yang sholeh.. harus menjadi contoh atau suri tauladan bagi istri dan anak-anaknya dalam hal beribadah).

@ istri harus menutup auratnya dengan benar menurut syariat islam



@istri yang sholeha adalah istri yang berakhlaq mulia. ( demikian jg suami).

@  istri harus berdiam diri dan mendengarkan suami apabila ia sedang berbicara.( kalau istri sedang berbicara apakah suami jg bersedia mendengarkannya???)

@senantiasa mentaati perintah suami, selagi perintah itu tidak mengarah ke perbuatan maksiat. (kalo perintahnya tidak sesuai dengan ajaran islam apakah suami  juga bisa menerima jika istri tidak melaksanakannya???apakah  talak & KDRT tidak akan dialami seorang istri??) 

@ridha dan menerima apa adanya atas semua apa yang suami berikan kepada istri. disaat kurang atau lebih. (apakah suami juga ikhlas menerima apa adanya dengan semua kekurangan istri??) 

@tidak menolak ajakan suami jika ia ingin bermesraan dengan istri. (apakah suami jg mau melayani istrinya jika istri membutuhkan kasih sayangnya??)

@Tidak meninggalkan rumah melainkan dengan izin suami. (kalau suami ???boleh meninggalkan rumah meskipun ngga' izin istri??) 

@Menjaga kesetiaan terhadap suami. tidak boleh selingkuh di belakang suami alias selalu menjaga kehormatannya. (bagaimana dengan suami??? apakah suami juga menjaga kehormatannya ketika berada diluar rumah?)

@ menjaga harta suami, anak2 apabila suami tidak ada dirumah. (ok.. suami cari duit aja ya..  tanpa mau tahu problematika pendidikan anak..dan jika suatu saat terjadi kegagalan pada anak- anaknya tinggal salahkan saja istrinya sebagai ibu yang menjaga dan mendidik anak-anaknya.)

 @Tidak meminta sesuatu apapun yang suami tidak mampu menunaikannya. (bagaimana kl sebaliknya?? apakah suami tidak murka apabila istri tidak bisa menunaikan apa permintaan suaminya ??)

@Menghormati keluarga suami dan juga kaum kerabatnya. (bagaimana dengan keluarga istri, apakah suami jg mau menghormati dan menghargai keluarga dan kerabat istrinya???)

@Senantiasa berhias diri bila di hadapan suami, sebaliknya tidak berhias bila ketiadaan suami. (menurut saya istri harus selalu berhias diri di hadapan suami dan suami juga selalu berhias diri di depan istri.bukan kalau pergi kerja berhias pakai wangi-wangian tapi setelah datang dirumah langsung tidur tanpa mandi dan seenaknya sendiri.) 

@memakai wangi-wangi-an pada saat suami berada dirumah. (menurut saya yang betul keduanya harus selalu wangi setiap saat,,) 

@Mengantarkan suaminya ke muka pintu bila ia hendak keluar dan menyambutnya bila ia pulang dengan senyuman.ok

@Mendahulukan keperluan suami dari keperluannya sendiri. ex: suami diambilkan makan dulu baru kita deh yang makan.

@selalu menjaga nama baik suami. 

@Senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan dan kesempurnaan diri serta rumahtangganya. (suami hendaknya jg turut membantu menjaga kebersihan. betulkah??) 

@Senantiasa bersyukur saat menerima nikmat atau pun cobaan dari ALlah. 

@Melaksanakan tugas sebagai seorang isteri dan ibu serta segala perintah Allah dan perintah suami dengan tabah dan sabar.


Demikian itu  adalah sedikit dari kriteria menjadi seorang istri sholeha.begitu sulit dan tidak gampang dijalani oleh sebagian wanita di dunia.tapi sangat disayangkan, semua kriteria itu di mana-mana tertulis tidak diimbangi dengan kriteria suami yang sholeh. sungguh ironis sekali. sesungguhnya kita semua menginginkan yang terbaik buat keutuhan rumah tangga kita. oleh karena itu, marilah bersama-sama mewujudkannya. sebagai pemimpin rumah tangga yang mulia bantulah istrimu menjadi wanita dambaan hatimu.bimbinglah dia dengan kesabaran.sayangilah dia dengan beribu pengertian.jangan sering kau persalahkan dirinya,jangan kau remehkan pengorbanannya,dengarkan suara hatinya,  jangan kau sakiti hatinya dan jangan kau nodai cinta dan kasih sayangnya.

yang terakhir, meskipun susah, semoga kita   bisa menjadi istri sholeha seperti dambaan kita semua.. amiin
Robbana Hablana min ajwajina wadzuriyyaatina kurrata 'ayyun waj'alna lilmutaqiina imamaa. "(Wahai Tuhan Kami Karuniakan kepada kami  istri-istri dan anak-anak yang menyejukan mata dan jadikan mereka pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa)".amiin.

Ampuni Ya Alloh, para suami yang pernah mendzalimi  dan menghianati istri dan anak-anaknya.Juga ampuni para istri yang tidak taat pada suami  dan  menelantarkan keluarganya. Ampuni jikalau kami salah mendidik keluarga dan anak-anak kami Ya Alloh. karuniakanlah ridho dan rahmatmu atas pernikahan kami dunia akhirat.langgengkanlah pernikahan kami ya Allah..jadikanlah kami keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.amiin.


Ya Alloh selamatkan anak-anak kami, muliakan akhlaknya, kuatkan imannya.Berikan Ya Alloh, yang lebih baik dari pada yang kami dapatkan. Jadikan ahlimulia dunia, ahli Surga-Mu mulia, Ya Alloh.amiiiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar