Jumat, 19 November 2010

Menjaga Suara dan Membentuk Kualitas Vokal

Menjaga Suara dan Membentuk Kualitas Vokal


Syeich Hajjaj Ramadan Al-Hindawi, salah satu Qori' Mesir yang kaya akan variasi lagu
Syeich Hajjaj Ramadan Al-Hindawi, salah satu Qori' Mesir yang kaya akan variasi lagu

Menjaga Suara dan Membentuk Kualitas Vokal


Pada saat presentasi atau membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an, kualitas vocal sangat menentukan keefektifan dalam presentasi (penampilan). Walaupun komunikasi visual dan verbal merupakan faktor penting tapi kualitas suara juga merupakan faktor yang signifikan. Untuk menjaga kualitas suara agar tetap fit ada beberapa tips yang dapat dipergunakan :



1. Latihan secara Istiqomah (rutin)
Lakukanlah latihan vocal tertb dimulai dari nada Qoror, Nawa, Jawab, Jawabul-jawab, hingga Murokkab (dari tingkatan yang paling rendah hingga tingkatan nada yang paling tinggi).

2. Jangan merokok
Jika ingin menjaga kualitas suara tetap prima usahakan agar hindari rokok. Unsur dalam rokok menyebabkan dapat merusak suara, terlebih pada kesehatan anda.

2. Minum air putih yang banyak
Hindari untuk meminum teh, kopi, alcohol. dan air bersoda yang terlalu banyak. Usahakan  meminum 8 gelas perhari. Lebih baik minum air putih yang banyak. Jika minum air mineral kemasan, pilihlah merk-merk yang sudah terjamin kualitasnya. Karena tidak semua air mineral kemasan bagus untuk tenggorokan kita. Ada pula yang bisa mengganggu suara kita. Maka dari itu perlu dicoba, bila ada merk-merk tertentu yang berpengaruh tidak baik pada suara anda, jangan diulang untuk yang kedua kalinya. Karena bisa fatal akibatnya.

3. Hindari terlalu lama dalam kondisi cuaca panas dan dingin
Menurut penelitian terlalu banyak berjemur dipanas matahari dan terlalu lama berada diruangan ber AC mengganggu dan menurunkan kualitas suara.

4. Hindari makan terlalu malam
Khusus anda yang selalu ”show” di malam hari, Makan terlalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna sehingga mempengaruhi kerja tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas vokal.iIdealnya makan malam terakhir adalah jam 7 malam.
Makan malam juga bisa membuat badan menjadi gemuk. Jika badan kita kegemukan maka akan mengakibatkan suara menjadi berat, dan pernafasan menjadi sesak tersengal-sengal. Keinginan untuk makan malam bisa digantikan dengan buah-buahan, seperti pisang dsb. Tetapi kalo anda sudah lapar tak tertahankan, Sikaaaaaaaat abiiiiiiiizzzzzzzz……!!!!


5. Jangan banyak bicara
Hindari terlalu banyak bicara yang tidak ada manfaatnya, berteriak, berorasi dsb. Karena hal ini akan menghilangkan kejernihan, kelembutan serta kesyahduan suara. Akibatnya suara menjadi kasar dan tidak bening lagi.

6. Mengontrol stress
Stress yang berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas suara. Gunakan teknik relaksasi dan bernafas yang dalam dapat mengurangi stress.

7. Puasa beberapa jam sebelum ”Tampil”
Hindari makanan dan minuman yang merangsang tenggorokan, terutama pada saat sebelum tampil.

8. Jaga Kesehatan dan Stamina Tubuh
Selain olah raga, istirahat yang teratur, penuhi tubuh kita dengan gizi, vitamin dan lainnya agar kesehatan dan stamina tetap terjamin.

9. Jaga Kestabilan Mental
Hilangkan perasaan grogi, nervous, kurang percaya diri, malu, ndredeg, Wa ’ala alihi wa shohbih. Karena hal ini akan berakibat fatal terhadap suara.

10. Senantiasa Berdo’a Kepada Allah SWT
Jangan lupa selalu memohon kepada Allah SWT, karena ini satu-satunya faktor penentu. Yang lainnya hanya ikhtiar.

Selamat menerapkan, semoga ada barokah, guna dan manfaatnya. Amin
Wallahu A’lam Bishshowaab. ( z u l )


1 komentar:

  1. Portal Energi Mampu Memperbaiki kualitas suara, memproduksi suara yang lebih baik dan jelas , sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring, keilmuan ini cocok untuk anda yang bekerja sebagai seniman, paduan suara, vokalis band dll


    Telepon : 0812 8202 7639 / 085 777 269 266

    http://pelatihanintienergi.com/portal-energi.php

    BalasHapus